Workshop Family Strategic Planning Ibu Profesional Batam

by - 23.55



Pada Minggu (8 Juli 2018), bertempat di aula lantai 4 kantor walikota Batam, Ibu Profesional Batam mengadakan workshop bertema "Family Strategic Planning" dengan pembicara Ibu Septi Peni Wulandani dan Bapak Dodik Mariyanto. Acara tersebut juga diselenggarakan dalam rangka wisuda kelas Bunda Sayang Batch 1 dan Matrikulasi Batch 5 Institut Ibu Profesional.

Pasangan pak Dodik dan ibu Septi menyampaikan materi tentang Family Strategic Planning (FSP) dengan sangat interaktif. Penerapan FSP dalam keluarga pak Dodik diawali oleh ide Pak Dodik untuk menduplikasi sistem perencaan yang biasanya dibuat oleh perusahaan-perusahaan. Jika perusahaan-perusahaan tersebut sukses menerapkan sistem perencanaan untuk mencapai visi misi perusahaan, maka demikian pula dalam sebuah keluarga. Di awal sesi pertama, Pak Dodik menceritakan beberapa praktek yang diterapkan di dalam keluarga beliau, antara lain adalah selalu mencatat mimpi tiap anggota keluarga dan di-amin-kan bersama. Selain itu juga melakukan evaluasi dengan cara memberikan pertanyaan mengenai apa saja yang telah berhasil dilakukan minggu lalu, kemudian kenapa bisa berhasil, dilanjutkan dengan pertanyaan kesuksesan apa yang ingin dicapai minggu depan dan bagaimana cara mencapainya. Pada bagian ini peserta diminta berkelompok dan saling menceritakan kesuksesan yang telah dan akan dicapai.

Ketika memasuki materi tentang pembuatan roadmap keluarga, peserta diminta untuk mengelompok dengan pasangan masing-masing, dan membuat roadmap masing-masing keluarga yang berisikan tentang core value, visi dan misi keluarga yang menjadi landasan awal semua target yang akan dicapai nantinya. Sebagai titik awalnya adalah potensi yang dimiliki oleh masing-masing anggota keluarga dan ditunjang oleh supporting system untuk mencapai tujuan yang ditetapkan bersama. Dalam mencapai tujuan akhir dapat dicapai dengan membuat target tahunan. Tujuan akhir ini merupakan tujuan besar yang ingin diwujudkan oleh keluarga tersebut, bisa 5 tahunan maupun 10 tahunan. 




Workshop yang dihadiri oleh sekitar 170 peserta termasuk wisudawati matrikulasi dan bunsay ini dimeriahkan juga oleh doorprize yang disiapkan panitia bersama beberapa sponsor. Apresiasi diberikan kepada peserta dengan jarak tempuh terjauh, peserta termuda dan peserta paling senior, serta 9 penanya.

Acara ini juga menyediakan bazar berbagai produk UKM maupun usaha milik member IP batam, antara lain kedai makcik IP Batam, berbagai usaha kuliner member, buku-buku, mainan anak, maupun baju dan kerudung. Sehingga acara pun terkesan semakin meriah. 

Untuk peserta yang memiliki anak di atas 3 tahun, wajib menitipkan anaknya di kids corner yang disediakan panitia. Hal ini sesuai dengan amanah pemateri agar anak-anak bisa dikondisikan di ruangan khusus sehingga materi bisa berjalan dengan lebih lancar. Kids Corner yang disediakan oleh panitia dijaga oleh 5 fasilitator yang berpengalaman mendampingi anak usia dini. Aktivitas yang dilakukan pun bervariasi, mulai dari lomba mewarna, bernyanyi bersama, bermain bersama dengan mainan yang sangat banyak jenisnya, dan tentunya membaca buku. Dari beberapa feedback orangtua yang menitipkan anaknya di Kids Corner, menyatakan bahwa mereka puas dan sangat berterimakasih atas disediakannya fasilitas tersebut.

Di akhir acara, panitia memberikan kenang-kenangan untuk pak Dodik dan ibu Septi berupa set tanjak dan khimar gonggong khas batam hasil karya dari salah satu member IP Batam, yaitu ibu Siska. Selanjutnya para peserta berfoto bersama dengan pasangan ibu Septi Peni dan bapak Dodik.

You May Also Like

0 komentar