Kulwap "Mengolah Sampah Organik menjadi Cairan Eco Enzyme yang Kaya Manfaat"

by - 19.14

Ibu Profesional Batam mengadakan kuliah whatsApp (Kulwap) mengenai bagaimana mengolah sampah organik menjadi cairan eco enzyme yang kaya manfaat pada Kamis, 3 Agustus 2018 pukul 20.00 - 21.00. Kulwap ini dipandu oleh moderator Putri Pamelia dan narasumber Gidion Sim (perintis Bhumi Eco Farm). 
Untuk Anda yang terlewat mengikuti Kulwap tersebut, bisa menyimak notulensi berikut ini :


Notulen Kuliah Whatsapp Ecoenzym 
Jum’at, 3 Agustus 2018
Narasumber  : Bapak Gideon Sim, Perintis Eco Bumi Farm, Batam
Moderator       : Putri Pamelia
Co-moderator : Eka Mustika Sari
Notulen           : Monique

MATERI
Assalamu'alaikum semua, alhamdulillah hadir dari segala penjuru indonesia, bahkan ada yang dari Luar Negara...👏👏 Kurang lebih 15 mnt lagi kita akan disapa oleh pemateri kita bapak Gidion Sim
Beliau adalah asisten dari Ibu Vera Tan, Master Eco Enzyme  di Batam 😊

Selamat malam bapak/ ibu sekalian. Salam kenal saya Gidion Sim. Pada malam ini saya mohon maaf karena master kami tidak dapat hadir disini, mengingat usia dan sulit berinteraksi melalui whatsapp 😄
Bu Vera sendiri telah menekuni eco enzym ini sudah belasan tahun, beliau penuh semangat dan  berdedikasi terhadap masalah lingkungan, jadi beliau langsung belajar ke Thailand sama Dr. Rosukon. Banyak artikel tentang eco enzym di internet,
Saya akan memberi gambaran dan pengetahuan singkat tentang Eco Enzym. 

Pada kesempatan ini, saya urai kembali secara singkat. Eco enzym adalah cairan hasil fermentasi sampah2 organik kita. Cairan ini mengandung banyak bakteri yang baik untuk lingkungan kita. Tidak seperti proses pengkomposan biasa, proses eco enzym tidak menghasilkan gas metana. 

Oleh karena itu, kita juga telah membantu alam dalam mengurangi jumlah gas metana yang akan dilepas ke atmosfir bumi. Yg tentu gas metana mengakibatkan efek rumah kaca yg berdampak pada pemanasan global. 

Materi yang kita butuhkan
1. Air
2. Molases / brown sugar
3. Sampah organik 
Tentu juga butuh wadah

Komposisi / perbandingan bahan yaitu
1 bagian molases
3 bagian sampah organik
10 bagian air

Contoh kita punya wadah tong cat bekas 20liter
Maka kita siapkan :

-air 10 liter
-Molases 1 liter / brown sugar 1kg
-Sampah organik 3kg

Caranya :
-Aduk rata air dan molases
-Bilas bersih sampah organiknya
-Lalu campuran kedalam larutan molases tersebut
Tutup rapat

Pada awal minggu2 akan ada gas, kita bisa membuka tutup lalu rapatkan kembali. Selama 3 bulan eco enzym siap kita panen.
Dg cara kita saring air dari ampas eco enzymnya. Cairannya kita simpan dalam botol.
Ampasnya bisa kita jadikan kompos untuk tanah. 

Kegunaan eco enzym antara lain:

1. Kami pakai untuk cuci piring
Tambahkan beberapa tetes eco enzym dan sabun dalam wadah cuci piring.

2. Kami pakai untuk pel Lantai
Tambahkan 1 tutup botol dalam air pel lantai. 

3. Mencuci buah dan sayur
Siapkan air untuk merendam buah atau sayur, tambahkan 5 tetez eco enzym lalu rendam sayur atau buah selama 5 menit. Tiriskan lalu simpan. 

4. Pemakaian sebagai pupuk, 
Campur eco enzym 10ml dg 10 liter air untuk siram tanaman

Baiklah dari penjelasan singkat pak gidion sudah dapat gambaran sedikit ya tentang eco Enzyme dan kegunaan nya. Karena antusias yang tinggi dari pesera, banyak pertanyaan yang masuk. Kita bahas satu satu ya Pak. 

  • Pertanyaan pertama 

Anisma - Bekasi
Bagaimana mengolah sampah bonggol jagung. Apa bisa dibuat eco enzyme juga ?

Jawab : 
Bisa, sesuai rumus perbandingannya. Tetapi lebih disarankan bahan2nya berupa kulit2 buah2an, karena hasil eco enzymnya akan beraroma segar. Karena kita pakai untuk cuci buah, cuci piring juga pel lantai. 

  • Pertanyaan kedua

Dhani - Karawang
Untuk sampah makanan yang berminyak dan bersantan, apakah harus dicuci dulu sebelum diolah menjadi pupuk? Apakah ada efek nya kalau tidak dicuci dulu?

Jawaban :
Sampah organik yg kita pakai adalah sampah yg kering, tidak berminyak maupun mengandung air. Contoh sampah organiknya seperti, kulit buah, sisa batangan sayur-sayur.

  • Pertanyaan ketiga

Dwi Astuti - Karawang
Bagaimana cara memisahkan eco enzyme dengan ampas nya ? Apakah sampah sisa makanan khususnya sisa makanan hewani bisa dimasukan? Takut menimbulkan belatung.

Jawaban :
Cara memisahkan ampas dari cairan eco enzym saat dipanen adalah dg disaring. Dan bahan baku kita tidak menggunakan sampah organik hewani. Jika ingin memproses sampah organik lainnya jadi pupuk cair,
Kita bisa menggunakan eco enzym yg telah siap pakai, dan kita fermentasi 1x lagi. 

  • Pertanyaan keempat 

 Upik Cholidah - Dsn Suket Baru
Molases bentuk nya seperti apa? Beli dimana dan berapa jumlah minimal pembelian barang?

Jawaban :
Molases adalah produk sampingan dari pabrik gula maupun pabrik micin. Kebanyakan dalam bentuk cairan. Untuk pembeliannya bisa lewat online shop ataupun lgsg ke pabrik gula (dalam quantiti besar)
Jika di Batam, kita ada menjual di Bhumi Eco Farm. Jika sulit bisa diganti gula merah, gula aren atau gula kelapa. 

  • Pertanyaan kelima 

Shanty - Surabaya
Apa semua sampah organik masuk, include tulang? Wadah eco enzyme ada saringan nya? Apa perlu banyak wadah? Bila sudah ditutup tidak bisa dibuka selama 3 bulan ??

Jawaban :
Disini kita tidak menggunakan sampah hewani, ini karena kegunaan eco enzym selanjutnya bisa dipakai kembali didalam keperluan rumah tangga. Wadah untuk membuat cukup sederhana yaitu ember apapun yg ada tutupnya, diusahakan bisa tutup rapat dari Lalat dan kawan2nya. Kita boleh membuka dan mengaduk tetapi harus ditutup kembali agar tidak dihinggapi lalat dan akan banyak belatung.

  • Pertanyaan keenam

Ulya - Bandung
Apakah kita bisa melakukan sesuatu dengan sampah popok bayi ?

Jawaban :
Pempes maksudnya? Tidak bisa dijadikan materi pembuat Eco Enzym. ✅

  • Pertanyaan ketujuh

Kristania Elok - Asia
Adakah pengganti molases ?

Jawaban : Bisa digantikan dg gula aren atau gula kelapa. Kita beli saja yg mana murah

  • Pertanyaan kedelapan

 Novi - Surabaya
Apa saja yang termasuk sampah organik? Seperti apa cairan eco enzyme yang sudah di simpan selama 3 bln? Apakah langsung bisa dipakai atau memerlukan proses kelanjutan?

Jawaban :
Bagus, mengingat tidak semua sampah organik kita pakai, hanya sampah2 organik seperti sisa sayur sebelum dimasak, kulit2 buah2an
Setelah 3 bulan, kita pisahkan ampas dari cairan eco enzymnya. Simpan dalam botol hindari sinar matahari langsung. Semakin lama kita simpan, aromanya akan lebih wangi. Ini kembali lagi, karena kegunaan eco enzym sebagai pembersih lantai, pembersih piring dan cuci buah... Harus dg bahan yg lebih sedap aromanya.

Apakah Bisa dengan bunga2an ya pak agar lebih beraroma ??  itu saya pakai buat clasic enzym (enzym buat minum). Cukup perbanyk kulit jeruk, wangi sekali eco enzym nya. 

  • Pertanyaan kesembilan

Dwi Intani - Depok
Apakah dalam pembuatan eco enzyme ini dilakukan secara anaerob? Tidak akan timbul gas?

Jawab : 
Tidak, kita tutup hanya untuk mencegah larva2 dan belatung2 ( ibu2 pasti geli kalo sampai banyak belatungnya)
Tentu menghasilkan gas, dalam minggu2 awal akan banyak gas. Selanjutnya akan berkurang.

  • Pertanyaan kesepuluh

Siva - Depok
Ecoenzyme itu apakah seperti air bersih?Apa itu molases? Selama proses pembuatan menimbulkan bau tau tidak? Tempat yang digunakan seberapa besar? Sampah organik jenis apa saja yg bisa dipakai? Kira-kira butuh modal berapa untuk pembuatan ecoenzyme ini ?

Jawaban :
Eco Enzym adalah cairan hasil fermentasi yang mengandung banyak bakteri baik yg diperlukan lingkungan kita seperti air dan tanah.Molases sudah dijawab diatas.  Pada proses pembuatan Eco Enzym tidak menimbulkan bau tak sedap. Bau khas Eco Enzym segar dan wangi.
Wadah tergartung kebutuhan dan keperluan kita. Bisa mulai dg 10 liter, 20 liter, bahkan 200 liter. Sampah organik sisa2 dapur rumah tangga seperti kulit buah dan sayur2. Pada dasarnya untuk memulai kita hanya perlu membeli molases. Wadah bisa kita pakai dari barang2 bekas kita. Dan sampah organiknya tentu dari sampah rumah tangga kita sendiri.

  • Pertanyaan kesebelas

Diana - Tanggerang
Apakah minyak goreng bekas bisa dijadikan eco enzyme ? Jika iya bagaimana cara menangani nya?

Jawaban : Tidak, 
minyak goreng bekas bisa dijadikan sabun

  • Pertanyaan keduabelas

Novita - Tanggerang kota
Molases itu apa?Jika sampah organik tidak mencapai 3 kg. Apakah kebutuhan air & molases dibagi 3? Brown sugar disini apa maksud nya, gula aren atau gula kelapa? Apakah ada kadar luarsa eco enzyme?

Jawaban : 
Molases sdh dijelaskan diatas
Sampah organik jika belum cukup 3kg, bisa kita cicil setiap hari. Yg penting siapkan dulu air dan molasesnya. Sampah nya kita cicil sampai cukup, lalu mulai simpan selama 3 bulan 
Betul, brown sugar bisa sejenis gula aren, gula kelapa. Eco Enzym tidak memiliki kadarluarsanya. 1:3:10 
Adalah skalanya. Dipakai sesuai wadah yang ada. ✅

Tanggapan
Jadi setelah disiapkan air dan molases nya.kita bisa cicil tambahan sampah organiknya, seperti itu ya pak??? Klo tidak ada kadaluwarsanya akan baik bagi kantong kas keuangan ibu ibu nih...

Untuk sampah yg dicicil ini, apakah tdk apa kalau membusuk sambil menunggu jumlahnya cukup 3 kg? Apakah tdk berbelatung?

Jawaban : Dicicil itu ada berapa, masukan lgsg berapa saja kedalam air larutan molasesnya.Saya dulu buat nya sedikit2. Sekarang sudah tak ada tong dan tempat lagi untuk buat. Sampah rumah tangga saja sangat banyak. 

DISKUSI
Erli-Batam 
boleh tanya pak?
untuk "tabungan" sampah organiknya, gimana cara simpannya? masuk freezer?maksudnya sebelum dicampur, dan belum memenuhi kuotanya
Jawaban :
Setelah semua dicampur, wadah kita simpan ditempat mana saja. Bisa dibawah dapur. Ini saya letak disamping pintu dapur

Trias - 
Boleh nanya pak? Untuk sayurannya apa perlu dipotong kecil2 dulu ato ga usah. Terimakasih
Jawaban : Boleh kalau rajin. Jadi boleh dimasukkan apa adanya ya pak  Tidak mengurangi hasil. 

Novita-tangerang.
Untuk skala apakah boleh kira-kira atau harus benar2 ditimbang?
Jawaban : Kira2 juga harus mendekati. 

kistantia -Asia
Harga gula merah disini mahal krn impor. Ada bahan pengganti lain?
Jawaban : Molases, gula merah, gula kelapa, gula aren dan gula sejenis. Gula pasir bisa pak? Hahha saya pernah coba, tp gas nya terlalu besar..

Shanty Octavia
Boleh tanya mendadak pak. Tdi kan setelah 3 bln boleh d saring D saring di sini menggunakan alat khusus atau gimana ya!? 
Jawaban : Saringan biasa saja. 

rena - pku
ciri2 proses fermentasi yg dilakukan berhasil apa yaa Pak? kalau gagal biasanya apa penyebabnya? terima kasih 
Jawaban : 
Berhasil dia harum asem seger spt manisan. Kalau gagal berbau busuk seperti bau parit.
Biasa karena gulanya kurang

Diana
Sampahnya harus benar-benar fresh ya Pak? Tidak boleh memanfaatkan buah atau sayur yg mulai membusuk?
Jawaban : Boleh pak, kita sering beli buah, tp dpt yg busuk... Itu dipakai✅

Ayu Tangerang
Apakah ada kemungkinan gagal pak?
Jika gagal apa harus mengulang dr awal?
Ampas yg sdh 3 bln itu sdh berbentuk bubur ?masih kaya di poto itu pak?
Jawaban : Sebagian hancur spt bubur, sebagian dg serat tinggi masih utuh. 

Trias
Nanya lg ya pak, misal lupa ga dibuka2 apa bisa meledak? Kan ada gasnya
Jawaban : Awal2 bisa. Gas2 paling banyak itu di 2~3 minggu pertama

Novita-Tangerang
Contoh yang sudah jadi dong pak 
Jawaban :



Shanty Irawati
 Kalau u/ di minum, ini kyk yakult gitu ya? Ada bakteri baik dan rasa asam manis? Tdk perlu direbus?
Jawaban: Wahhh ini kita buat dg materi fress dan gulanya diganti sama madu. 

Etty
Pak nanya dong... 
Sampahnya tadi dicuci dulu ya. Jadi bukan sampah buah/sayur yang dikeringkan dulu baru dicuci ya?
Jawaban : Sampah langsung dari proses dapur Habis potong buah, kulit2nya lgsg nyemplung kedalam ember eco enzym. 

Novita - Tangerang
Kalau sampah tidak dicuci apa ada efeknya pak?
Jawaban : Tak ada, kecuali kotor2 sekali... Rata2 sampah sayur dan buah itu sdh bersih. Kecuali kulit pisang, kulit ubi, itu agak kotor. 

Yetty Dharmayanti
Pa tanya donk, Kalau sampahnya berasal dr daun2 tanaman yang gugur apakah bisa?
Atau rumput2 liar yg kita bersihkan dr kebun
Jawaban :
Bisa bu, tp biasanya sampah begitu saya lgsg kubur saja di perkarangan. 

Tanggapan : 
Kebetulan saya ga punya pekarangan. Saya tanamnya semua di pot dan dilantai atas. Berarti tanahnya harus dibersihkan dulu ya pa?

Jawaban :
1 pot 50 liter  1 gelas saja. Tanah dipot di gali, masukan ampas lalu kubur. 

Shanty Irawati
Penyebab keluar belatung apa?
Jawaban :Lalat. Karna tdk ditutup ya? Betul, atau tutup tidak rapat

Di catet dong ya pak yg dicicil brpa,  biar gak. Klebihan ato kekurangan 
Jawaban : Iya, tp kalau sudah sering buat kita ada ilmu kira2 nya 

Ely - Batam 
pak tanya, untuk ampas kan digunakan untuk pupuk. apakah perlu dijemur dulu atau bagaimana? 
Jawaban : Langsung dicampur dengan tanah. 

Novita 
Kalo nasi bisa masuk nggak pak?
Jawaban :
Bisa, tp jangan berair. jadi dijemur dulu pak? Tidak perlu dijemur... Nasi putih sisa gitu. Bisa nasi kluar dr kulkas. Atau biarkan suhu normal.
Pengaruh ke aroma akhir saja... Jika mau harum perbanyak kulit jeruk atau kulit nenas

Tanggapan: Kalau sampah terkena sabun cuci piring apakah bisa juga?
Jawaban: Bilas

Terimasih atas antusias para peserta malam ini. Luar biasa sekali 😍❤❤❤❤ Sampai jumpa di ruang belajar berikut nya ya buibu 

*

Terimakasih
Institut Ibu Profesional Batam
IG : @ibuprofesional.batam
FP : IIP Batam

-admin-

You May Also Like

0 komentar