Kobar Semangat Lewat Rumbel Reborn

by - 06.53

Kebersamaan itu memang hangat. Apalagi saat kita bertemu dengan manusia-manusia pilihan sepanjang perjalanan hidup kita. Rasanya hidup lebih berenergi dan penuh aura positif.



Sabtu (30/11/19) lalu Ibu Profesional Batam (IP Batam) mengadakan kopdar member bertajuk 'Rumbel Reborn' dimana rumah belajar atau yang biasa disingkat jadi rumbel, mengadakan pembaharuan sekaligus mengenalkan rumbel baru yakni, rumbel Green.

Bertempat di Club House Costarica, Batam Center, ruangan serba guna bernuansa putih yang terletak di pinggir kolam renang ini sudah dipenuhi oleh antusiasme pengunjung. 

Tidak seperti acara yang sering digelar oleh instansi-instansi lain, acara kali ini memang benar-benar beda!

Bagaimana tidak, dengan dresscode bewarna hijau dan coklat milo, para peserta dibuat berdecak kagum dengan dekorasi ruangan tersebut. Bayangkan saja, baliho acara saja terbuat dari daun pohon. Kuno? Tidak. Artistik? Banget!




Makanan ringan peserta juga berbalut daun pisang, bukan wadah plastik mika seperti biasa. Goodie bag untuk peserta juga sangat unik, yakni berupa sebuah botol berisi larutan eco-enzyme 250ml dan sepotong loofah, yakni serat alami yang terbuat dari sejenis tanaman gambas yang bisa digunakan untuk mencuci piring. Very useful, right?




Oh tidak, belum lagi name tag lucu yang 'nyeni banget'. Nama peserta ditulis dengan tinta putih pada selembar daun yang diberi penyemat ini sunggguh memikat hati. Selain itu ada juga minuman disediakan jahe+kembang telang yang segar tersedia di pojok ruangan yang bisa dinikmati dengan tumbler sendiri.



Sesuai namanya, rumbel Green bertujuan untuk menghijaukan bumi dengan pola hidup minim sampah. Seperti yang kita ketahui, dunia terutama negara ini sudah darurat sampah.



Erli Oktania selaku ketua IP Batam, juga menyampaikan beberapa materi dan 'curhat asiknya' tentang pola hidup minim sampah. Dimulai dari pemutaran video tentang 'Future Ocean' yang cukup menampar hati.

Film singkat ini memiliki setting sekelompok siswa yang ingin mengadakan fieldtrip ke dunia bawah laut. Saat memasuki panorama, yang mereka lihat ternyata bukanlah aneka hewan laut seperti yang mereka harapkan, melainkan beragam jenis sampah yang hampir menutupi pemandangan laut! Miris ya

Ibu 4 anak ini kemudian melanjutkan kisahnya tentang zero waste. Ia kemana-mana selalu membawa tumbler dan kantong sendiri jika berbelanja. Walaupun banyak yang memandang aneh, ia tetap menjawab santai dan konsisten melakukannya. 

Semangat dirinya makin bertambah tatkala orang yang dulunya mencemooh, mengikuti jejak langkahnya dalam diet plastik. Serunya, wanita berdarah Jawa ini sering mendapatkan bonus dari pedagang sayur langganannya. Apa pasal? Karena si pedagang merasa diuntungkan karena dirinya tidak perlu dikasih kantong kresek hehehe.

Selain itu Erli juga menerapkan 'sampahmu, tanggung jawabmu' yakni dengan cara memilah sampah, membuat komposter, ecobrick, dan ecoenzyme.

Rumbel ini ternyata banyak diminati oleh para peserta selain Rumbel Menulis, Rumbel Memasak, Rumbel Craft & Sew, rumbel QLC, dan rumbel Barelang Playdate, serta Rumbel Bintan dan Tanjung Karimun.

"Saat ini, sudah ada sekitar 50an orang member yang bergabung dengan Rumbel Green," ujar Putri Pamela yang didapuk jadi PJ rumbel Green. Angka tersebut cukup fantastis untuk sebuah rumbel yang baru berdiri hitungan pekan.

Acara juga berlangsung meriah, penuh games, dan bertabur hadiah. Hadiah ini disponsori oleh beberapa member IP Batam yang memiliki unit usaha. Berikut daftar memberpreneur IP Batam yang telah mendukung terlaksananya acara Rumbel Reborn:

1. Sabia Cookies - cookies lucu

2. Lucy Syar'i - kaos kaki

3. Cikapa - sikat gigi kayu, sedotan bambu

5. Turquoiz Home decor - macrame plant hanger

6. Teh tarik sultan - teh tarik

7. muslimah.id batam -  kaos kaki, ciput, handsock

8. Dotti mottie - Bros dagu, Bandana+jepit baby

9. Jejebebe rental - voucher 100K

10. Mainan anak batam - puzzle

11. Demen kayu - voucher aparatus montessori

12. Rumah annisa - totebag

13. Rumah kita travel - sedotan stainless +  voucher

14. Uwais baby kids - jilbab anak

15. Fiza bolen -  bolen

16. Rumah belajar bunayya - baju anak

17. Sambah khas bu Riko - sambal kemasan



Terima kasih untuk panitia tercinta yang sudah berlelah-lelah mengadakan acara ini dan terima kasih untuk para sponsor yang sudah berkenan berbagi rezeki, semoga usaha kita lancar dan berkah. Semangat untuk para member IP Batam, semoga kedepannya kita bisa saling bersinergi menebar manfaat.

You May Also Like

2 komentar