Wisuda Akbar dan Seminar Talents Mapping IP Batam

by - 15.51




IP Batam baru saja menggelar kegiatan Wisuda Akbar Matrikulasi Batch 6, Bunda Sayang Batch 2 dan Batch 3, pada Minggu 31 Maret 2019 di Aula Pemko Batam lt. 3. Acara yang dihadiri sekitar 100 peserta ini berlangsung cukup meriah dan menarik.

Acara dimulai dengan prosesi wisuda terhadap sekitar 30 orang member IP Batam yang sudah lulus Matrikulasi Batch 6, Bunda Sayang Batch 2 dan Bunda Sayang Batch 3. Uniknya, dalam wisuda kali ini, wisudawan tidak diberikan buket bunga melainkan buket sayur, go green ya....
Setelah prosesi wisuda selesai, dihadirkan 2 sesi seminar mengenai Talents Mapping "Menggali Potensi Diri, Meningkatkan Kualitas Hidup".

Hadir sebagai narasumber dalam seminar tersebut adalah Siti Nurhidayah, S.Pd., M.Sc, atau akrab dipanggil dengan bunda Dayah. Bunda Dayah merupakan seorang praktisi Talents Mapping yang juga memiliki berbagai pengalaman di bidang pendidikan, home education dan juga penulis buku cerita anak dan parenting. Bunda Dayah memberikan materi dengan interaktif sangat menarik sehingga peserta sangat antusias meskipun durasi seminar yang cukup panjang sampai sore hari.

Pada sesi pertama seminar dipaparkan mengenai melejitkan potensi bakat dan misi hidup manusia. dalam menjalankan misi hidupnya, akan mudah jikalau semua individu memiliki bekal T.A.S.K, yaitu Talents, Attitude, Skill dan Knowledge. Keempat unsur tersebut harus dimiliki seluruhnya sehingga individu dapat melejitkan potensi masing-masing yang merupakan anugrah dari Tuhan.
Sebelum seminar ini dilaksanakan, panitia juga mengadakan uji Talents Mapping yang dikenal dengan Talents Mapping Assesment (TMA) secara online, sehingga ketika seminar berlangsung, sebagian besar peserta sudah memiliki hasil TMA masing-masing untuk didiskusikan bersama narasumber dalam sesi kedua seminar.

Seminar Less Waste
Dalam rangka mendukung program zero waste, panitia wisuda dan seminar, menyelenggarakan kegiatan ini secara less waste. Dimulai ketika melakukan registrasi ulang, peserta tidak diberikan tiket dan juga tidak perlu mengisi secara manual dalam lembar registrasi ulang, melainkan tiap peserta dikirimi QR Code yang discan di bagian registrasi sebagai tanda kehadiran peserta kemudian mendapatkan goodie bag yang berisi hasil TMA, buku panduan TMA, beberapa souvenir dari sponsor, serta kupon makan siang.

Peserta juga diminta untuk membawa botol minuman masing-masing yang dapat diisi ulang di lokasi acara serta membawa alat tulis masing-masing.

Selain itu, snack yang diberikan kepada peserta sangat unik, tidak menggunakan snack box melainkan menggunakan wadah dari mangkok daun pisang. Untuk makan siang, peserta diberikan makan siang dengan wadah yang juga unik yang dikembalikan ke bagian konsumsi usai makan. Untuk peserta yang tidak membawa botol minuman, disediakan gelas-gelas plastik yang bisa ditulisi nama peserta yang bersangkutan sehingga dapat dipakai ulang.
Usaha yang sangat keren dilakukan panitia untuk mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan usai kegiatan!!!

seorang peserta seminar makan siang menggunakan
wadah makan siang yang dikembalikan ke panitia usai makan siang

Kids Corner
Salah satu keistimewaan kegiatan yang dilakukan Komunitas Ibu Profesional adalah selalu menyediakan kids corner sebagai supporting system kegiatan yang dilaksanakan. Adanya kids corner memberikan kenyamanan bagi ibu-ibu untuk menuntut ilmu tanpa meninggalkan buah hati dan memberikan suasana seminar yang tetap kondusif tanpa kehebohan dan keaktifan para anak.

Para peserta yang hadir dalam seminar ini dapat menitipkan anaknya di kids corner yang disediakan oleh panitia. Diasuh oleh pendamping yang sangat bertanggung jawab dan berpengalaman, kids corner menghadirkan berbagai aktivtas yang membuat anak-anak tetap ceria meskipun tanpa didampingi orang tua. Ada Aktivitas berdongeng bersama, berkreasi dengan origami, bernyanyi dan bermain bersama serta nonton film bersama.

Selain itu anak-anak juga mendapatkan goodie bag dengan berbagai snack kesukaan anak, serta mendapat berbagai hadiah menarik untuk mereka yang berani tampil maupun berani menjawab pertanyaan ibu pendamping. Salah seorang peserta bercerita bahwa anaknya sama sekali tidak rewel dan sang ibu bisa fokus menuntut ilmu.

Aktivitas dalam kids corner dibagi berdasarkan kelompok usia, yaitu yang di bawah 4 tahun dan 4 tahun ke atas. Kids Corner juga dilengkapi dengan berbagai permainan yang bisa digunakan oleh anak-anak dan menjaga mereka tetap bahagia dan tertawa.


Seminar Bertabur Doorprize dan Sponsor
Panitia menyiapkan banyak sekali doorprize untuk dibagikan kepada peserta. Peserta yang bertanya di tiap sesi mendapatkan doorprize dari panitia. Selain itu panitia memberikan cara yang unik untuk menyegarkan suasana seminar, yaitu dengan manempelkan kupon doorprize di bawah kursi peserta secara acak. Untuk peserta yang beruntung akan dapat memperoleh doorprize dari panitia.

Apresiasi juga diberikan kepada peserta yang datang dari luar Batam, meliputi Pekanbaru dan Karimun, juga kepada peserta yang hadir paling awal. Mereka mendapatkan apreasiasi doorprize dan kenang-kenangan dari panitia.

Di akhir acara, bunda dayah memberikan pertanyaan untuk peserta dan diberikan hadiah berupa buku hasil karya bunda dayah beserta buku dari panitia.

Banyaknya doorprize yang dibagikan tentu saja tidak lepas dari peran sponsor yang begitu banyak mensupport dalam acara ini.

Bazar UKM 
Acara wisuda akbar dan seminar yang diadakan oleh IP Batam ini, membuka kesempatan untuk UKM yang ada di Batam untuk berperan serta mengadakan bazar selama acara seminar berlangsung. Para tenant diberikan area yang mudah diakses peserta karena berada jalan menuju lokasi seminar, serta diberikan waktu khusus bagi peserta seminar untuk mengunjungi bazar tersebut, yaitu di waktu istirahat antara wisuda dan seminar.

Bazar dimeriahkan oleh berbagai UKM yang menjual makanan mulai pizza, spageti, teh tarik, mie goreng dan berbagai cemilan, serta beberapa UKM fashion dan buku. 
Peserta seminar pun sangat antusias menikmati waktu break untuk mengunjungi bazar.


-admin- 

You May Also Like

0 komentar