Resume Kulwap Mengikat Ilmu dengan Menulis

by - 20.30

RESUME KULWAP
IBU PROFESIONAL BATAM


Tema: Mengikat Ilmu Dengan Menulis

Narasumber : Ustadzah Choiriyah

Moderator : Intan S

Notulen : Nunung C.R

Materi Kulwap
  
   
  
  
  
  
  


Tanya Jawab
1. Ingrid
Mau minta tipsnya bagaimana supaya bisa konsisten menulis, mengikat makna? Karena kadang rasa malas melanda.
Jawab :
Tips untuk konsisten menulis adalah dengan konsisten membawa catatan kecil atau membuat dokumen di alat-alat canggih yang selalu akrab dibawa seperti handphone. Jadi saat punya lintasan pikiran atau ide untuk menulis segera tuangkan. Walau itu hanya sebatas quote atau apapun ide yang ingin diungkapkan. Dan saat luang atau saat ide banyak bermunculan segera eksekusi di buku atau laptop. Tuangkan semua ide dan yang ada dalam catatan-catatan kecil. Satukan sampai benar-benar plong di pikiran kita.
Jangan berpikir untuk editing dan segala macam. Yang perlu adalah tuangkan  ide dulu.  Karena biasanya masalah timbul saat editing tulisan terus jadi macet idenya. Penyakit yang tidak bisa diatasi dengan training atau apapun juga adalah penyakit malas. Hanya bisa dikuatkan azzamnya dari diri sendiri. Menulis itu juga sebagai terapi diri. Menuangkan ungkapan-ungkapan hati.

2. Intan
Berkaitan dengan ide tulisan, seberapa penting membuat kerangka tulisan lebih dahulu agar tulisan lebih struktur?
Jawab
 Membuat kerangka tulisan sangat penting. Jadi saat sebelum membuat tulisan apapun itu, usahakan kita punya ide yang sudah terstruktur dalam kerangka. Karena ini untuk mengantisipasi saat kita sudah tidak ada ide atau macet jalan ceritanya. Jadi kita masih bisa melanjutkan tulisan sesuai kerangkanya. Apalagi untuk pembuatan buku, harus membuat outline tulisan dulu. Karena buku bagian besar dari beberapa judul tulisan. Agar semua terencana dengan baik dan tersusun ide juga memudahkan kita membacanya

3. Prita
Saya tipe orang yang bingung kalau suruh nulis mba. Tapi dengan materi yang tadi, saya jadi terinspirasi untuk menulis.Tapi saya harus mulai darimana?
Jawab
Memulai tulisan dengan apa yang ada dalam pikiran kita. Tuangkan saja dulu. Entah bentuk percakapan atau bentuk quote. Yang sudah tersirat dalam pikiran. Selanjutnya kita akan tertantang untuk menjadikan tulisan itu akan berupa cerpen ataukah artikel. Kalau cerpen biasanya mudah terpancing dengan pengalaman kita pribadi atau curahatan kawan. Hehe..
Makanya jangan curhat ke penulis atau nyakitin hati penulis, bisa diabadikan dalam tulisannya nanti.

4. Anonim
Bagaimana jika ide tidak berurutan?
Jawab
Ide kadang tidak berurutan. Munculnya lagi tiba-tiba.
Tulis aja sesuai ide yang keluar dulu. Kadang kita beruntung punya ide-ide yang tetiba muncul. Jadi saat kita perlu tulisan itu sudah ada stok tulisannya. Munculkan dulu semua ide yang sudah membayang di pikiran. Baru setelahnya bisa dipikirkan lagi cara untuk.menggabungkan atau  mempercantik tulisan.

5. Anonim
Apakah diperbolehkan mengambil ide dari tulisan orang lain??
Jawab
Kalau kita dapat ide dari tulisan orang lain tidak apa. Asal tidak menjiplak tulisan orang
Dan saat mengambil tulisan orang harus dikasih keterangan itu tulisan siapa.

6. Budi Rahmawati
Saya ini termasuk orang yang susah paham dengan membaca, jadi susah juga untuk menulis ungkapan dari pikiran, baiknya ketika ingin menulis sesuatu pikirannya bisa fokus dan dijabarkan lewat tulisan?
Jawab
In syaa allah bisa. Atau dengan gambar bentuk komik. Malah lebih keren lagi. Karena anak-anak juga kadang susah mengungkapkan dalam tulisan yang panjang. Cenderung dengan paduan tulisan dan gambar juga bisa. Biasanya Mbak kalau mau dapat inspirasi atau tambahan kosa kata dari mana? Mungkin dari film atau dari cerita teman

7. Ingrid
Melatih anak laki-laki untuk menulis bagaimana? Karena untuk pelajaran aja  biasanya males sekali. Tulisan dipadu dengan foto ya, Bu? Seperti sedang memberikan keterangan dari foto disusun membentuk tulisan atau cerita, begitukah?
Jawab
Mungkin dia bs menuangkan ide dengan gambar komik atau tulisan yang membuat dia senang. Karena dia pasti punya aliran tulisan tersendiri. Bisa juga kalau penulis komik itu selain membuat tulisan dia punya gambaran-gambaran sketsa yang menuangkan isi cerita.

8. Anonim
Dalam menulis kisah nyata yang didengar dari orang lain, aspek apa saja kah yang diperlukan agar tampak betul-betul mengalir dari si penulis?
Oia satu lagi mba, adakah referensi yang bisa dibaca untuk penggunaan idiom atau peribahasa secara tepat?
Jawab
Tulisan itu akan mengalir dengan sendirinya meski kita dapat sumber dari kisah nyata. Penokohan dan lainnya bisa di-setting. Kalau peribahasa atau idiom mungkin memang harus sesuai dengan bahasa atau tradisi daerah yang akan dipakai.

9. Ajeng di Bekasi
Bagaimana caranya memunculkan ide..?
Jawab
Memunculkan ide dengan merasakan atau melihat hal yang paling bisa menyentuh diri. Mungkin dari pengalaman pribadi yang paling terkesan. Bisa dituangkan melalui tulisan. Bisa dari percakapan anak-anak atau nasehat ibu kepada anaknya dan terus mengalir ide cerita yang akan diangkat.

10. Putri di Batam
Apakah ustdzah ikut komunitas menulis di Batam?? Kalau ada apa nama komunitas nya ? ada ga komunitas penulis cerpen di Batam?
Jawab
Komunitas di batam ada FLP Batam, Forum Lingkar Pena. Dan kami ada kelas per 2 minggu sekali membuat cerpen saat ini.
Untuk bergabung dengan FLP Batam: https://chat.whatsapp.com/KgtBcpqwXsIKftJJV2gCQX


MOOD
@salimafillah
.
Sebab konon ‘tak ada yang baru di bawah matahari’; tugas penulis mungkin memang hanya meramu hal-hal lama agar segar kembali. Atau mengungkap hal-hal yang sudah ada, tapi belum luas dikenali.
.
Diperlukan ketekunan untuk melihat satu masalah dari banyak sisi. Atau mengingatkan kembali hal-hal yang sesungguhnya telah luas difahami; agar jiwa-jiwa yang baik tergerak kuat untuk bertindak. Maka penulis sejati lihai menghubungkan titik temu aneka ilmu dengan pemaknaan segar dan baru, dengan tetap berpegang pada kaidah shahih dan tertentu.
.
Dia hubungkan makna yang kaya; fikih dan tarikh; dalil dan kisah; teks dan konteks; fakta dan sastra; penelitian ilmiah dan kecenderungan insaniyah.
.
Dia menularkan jalan ilmu untuk tak henti menggali. Tulisannya tak membuat orang mengangguk berdiam diri; tapi kian haus dan terus mencari.
.
Dia membawakan pemaknaan penuh warna; beda bagi masing-masing pembaca; beda pula bagi pembaca yang sama di saat berikut dan berikutnya. Tulisannya membaru dan mengilhami selalu. Maka karyanya melahirkan karya; syarah dan penjelasan, catatan tepi dan catatan kaki, juga sisi lain pembahasan, dan atau bahkan bantahan.
.
Tapi tentu ada waktu di mana seorang penulis merasa betul-betul buntu. Seakan kehabisan gagasan. Atau kalaupun ada, ia membeku, tak tertuang menjadi kata.
.
Saat itulah dia tak boleh menyerah. Saat itulah haram baginya berhenti. Saat itulah dia dilarang menjadi budak bagi mood dan perasaannya.
.
Lalu bagaimana?
.
Barangkali dia perlu jeda yang menyegarkan benaknya. Pemandangan yang menyejukkan. Pendengaran yang menentramkan. Atau gerak jasad yang memicu semangat dan memacu ilham-ilham baru. Selebihnya, dia harus membiarkan pikirannya selalu terbuka, sebab hanya itu cara memancing gagasan yang nantinya membahana.
.
Seperti cincin menanti jemari, seperti Panasonic Toughbook menunggu diketuk, seperti jam tangan menanti adzan, dan seperti Warangka Keris Kayu Trembalo Gandar Iras sabar menanti bilah yang pantas baginya.😆
------------

#kerja #menulis #warangka #keris

You May Also Like

0 komentar